Saturday, March 4, 2017

Bismillah, Postingan Pertama

Setelah sekian lama mengutak-atik tampilan blog ini, akhirnya saya puas. Masih banyak yang perlu saya ubah, tapi untuk saat ini sudah cukup.

Satu hal yang saya suka dari blog di Blogger adalah keleluasaan untuk mengubah setting-annya. Saya harus belajar html, CSS, dan berbagai skrip lainnya. Sebagai orang yang sangat awam dengan semua ini, saya harus belajar dari awal. Sekarang, saya sudah bisa mengutak-atik warna :)

Template blog ini saya ambil dari Arlina Design, yang terkenal di dunia per-blog-an. Tak hanya memberikan template gratis, Arlina Design juga memberikan tutorial dan troubleshooting sehubungan dengan blog. Saya termasuk penggemar template Arlina karena design-nya yang sederhana, ringan dan tentu saja responsive. Template yang saya gunakan untuk blog ini adalah Invision, yang dikeluarkan tahun 2016 silam. 

Berikut adalah tampilan blog ini pada beberapa gadget yang saya cek di ami.responsive.design.is;



Apa itu template responsive? Template responsive adalah jenis template yang bisa menyesuaikan sendiri tampilannya sesuai dengan device yang dipakai. Tanpa template responsive, tulisan yang muncul di tampilan gadget berlayar kecil akan terlihat mungil sekali. Dengan template ini, kita tidak perlu melakukan zoom-in sewaktu membaca blog pada tampilan smartphone atau tablet. Template responsive, menurut saya, cukup wajib sekarang ini karena banyak para pembaca yang menggunakan smartphone untuk blogwalking.

Ini adalah blog aktif saya yang kedua. Blog lain yang juga saya maintain sekarang ini adalah blog dengan niche jalan-jalan di Wordpress, yaitu:



Happy blogwalking!
Load disqus comments

0 comments