Saturday, July 22, 2017

Orangnya Baik Kok…




Jika ada yang berpendapat demikian tentang seseorang, akan saya kejar dengan pertanyaan selanjutnya, “Baik maksudnya gimana?

Dan biasanya jawabannya akan berkisar seperti berikut ini:

                “Yaaaa…baik gitu lah”. - Heh? Eventually, respect saya luntur begitu tahu si ‘orang baik’ menyewa jasa antrian di sebuah instansi pemerintahan.
                “Gak ada yang aneh-aneh tentang orangnya”. - Maksudnya aneh-aneh bagaimana?
                “Rajin ibadah kok, suka kasih sumbangan juga.” – Koruptor juga sering kok kasih sumbangan.
                “Ramah, suka negur, suka traktir, kalau abis jalan-jalan pasti dikasih oleh-oleh.” – Maksudnya orang bokek gak bisa jadi orang baik karena gak bisa kasih sesuatu?

 Jadi intinya, definisi ‘orang baik’ menurut orang berbeda. Masing-masing kita mempunyai ‘value’ masing-masing – sesuatu yang kita hargai dan kita jadikan prinsip atau patokan di dalam hidup. Jika melihat orang lain melaksanakannya di dalam hidupnya, maka kita menghargai itu, lalu kita melabelinya dengan sebutan orang baik.

Saya pernah mengenal orang yang oleh orang sekitarnya dilabeli sebagai orang baik, tapi menurut saya orang ini sangat menyebalkan. Orang ini sangat royal dan sering bagi-bagi hadiah dan tentunya banyak yang suka dengan hal ini. Dia selalu berusaha menyenangkan semua orang lain dan ini tentunya adalah hal yang tidak mungkin. Sayangnya, orang ini juga ingin menyenangkan para Ahole walaupun harus mengorbankan golongan non-Ahole.

Lalu apa orang baik menurut definisi saya:
  • Tegas. Orangnya direct and say what her/his mean. And when she/he says something, she/he means it.
  • Tidak mengkhianati kepercayaan orang lain.
  • Peka terhadap lingkungan sekitar. Misalnya, orang yang tidak mengeluhkan pekerjaan di depan seorang jobless yang desperate mendapatkan pekerjaan.
  • Tidak menertawakan nasib orang lain. Orang ini paham bahwa apapun yang kita punya adalah pemberian Allah dan Dia bisa mengambilnya kapan saja.
  • Tidak mengambil hak orang lain.
  • Tidak bergosip
  • Tidak hipokrit. Mmm, agak aneh melihat kempanye hemat kertas yang poster kampanye yang terbuat dari kertas HVS baru tersebar di mana-mana. Agak aneh melihat kampanye hemat listrik yang dikampanyekan oleh embak-embak yang maunya harus selalu berada di ruangan ber-AC.
  • Dermawan.   



Banyak juga ya, hahaha…
Load disqus comments

0 comments